Sabtu 10 Oct 2015 21:40 WIB

Museum Papua Pamer Alat Musik Nusantara

Kelintang perunggu dari Jambi
Foto: Antara
Kelintang perunggu dari Jambi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Museum Negeri Provinsi Papua memamerkan berbagai jenis alat musik tradisional nusantara di Museum Negeri Waena Provinsi Papua di Kota Jayapura.

Kepala Museum Negeri Provinsi Papua, Aman Ubruangge, di Jayapura, Sabtu, mengatakan, sebanyak 33 museum se-nusantara yang memamerkan berbagai macam alat musik tradisionalnya di Museum Negeri Waena Provinsi Papua.

"Ada sebanyak 33 museum se-nusantara yang memamerkan berbagai jenis alat musik tradisional mereka," katanya.

Aman mengatakan, pada pameran kali ini, Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut. "Sebelumnya pada 2014, yang menjadi tuan rumah itu saudara kita di Manado. Namun sekarang kegiatan ini dilaksanakan di Papua," tuturnya.

Ada berbagai jenis alat musik se-nusantara yang dipajang, antara lain jenis alat musik Museum Negeri Provinsi Bengkulu, yang terdiri dari alat musik dol, kelintang, tasa, Redap.

Museum Prov Summatera Selatan 'Balaputra Dewa' alat tenun yang terdiri dari biola, burdah, terbangan, marawis, genggong, gambus, berfungsi sebagai penghibur bagi penenun.

Jadi, kata dia, dengan adanya pelaksanaan kegiatan pameran ini dapat memberikan apresiasi bagi masyarakat Papua.

Ia berharap, dengan digelarnya pameran tersebut, maka dapat menumbukan rasa cinta budaya, mengenal, serta menjaga kelestariannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement