Sabtu 10 Oct 2015 17:10 WIB

Mensos Minta Satgas Peduli Sosial Diaktifkan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Mensos Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Antara
Mensos Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa merasa prihatin dengan terjadinya kekerasan seksual dan pembunuhan yang menimpa anak-anak. Menurut dia perlu dilakukan langkah-langkah untuk pencegahan dari kemungkinan tindak kekerasan terhadap anak di level paling bawah, yaitu tingkat RT/ RW.

"Kemensos berupaya menggandeng kementerian atau lembaga terkait untuk langkah preventif guna mencegah kekerasan fisik dan seksual terhadap anak berulang," katanya, Sabtu, (10/10).

Kemensos, ujar Khofifah, telah mengirim surat kepada Kemendagri yang isinya meminta agar bupati/ wali kota, dan gubernur menyiagakan satuan tugas (satgas) peduli sosial di tingkat RT/ RW.

Kemendagri merespon hal itu melalui Surat Edaran (SE) yang isinya meminta bupati/ wali kota dan gubernur agar menyiagakan satgas peduli sosial di tingkat RT/ RW.

Satgas peduli sosial dibentuk terdiri dari 5-10 orang untuk menekan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan, serta tanggap dengan berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat.

"Diharapkan satgas mendapatkan perhatian dari para kepala daerah. Sebab walaupun sibuk mengurus pilkada serentak tapi masalah-masalah sosial tetap harus mendapatkan prioritas," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement