Jumat 02 Oct 2015 21:02 WIB

El Nino Berakhir, Indonesia Harus Siap Hadapi La Nina

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ilham
El Nino (file photo)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
El Nino (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan El Nino yang kemudian diiringi La Nina harus diantisipasi. Berdampak sama tidak menguntungkannya dengan El Nino, Indonesia dinilai harus mengamankan stok pangan sebelum kehadiran La Nina.

Direktur eksekutif sekaligus peneliti energi, kelautan, dan lingkunga Pusat Studi Pembangunan dan Informasi (CIDES), M Rudi Wahyono mengatakan, untuk menghadapi La Nina yang biasanya muncul usai El Nina, pemerintah harus menstabilkan stok pangan agar tidak timbul gejolak.

Sebab, berbeda dari El Nino, La Nina membawa potensi curah hujan tinggi sehingga kondisi jadi lebih basah dan menimbulkan kelebihan air.

''Tapi kita terjebak pada situasi politik. Kalau impor dinilai tidak pro nasional. Pertimbangannya tidak sesederhana itu. Yang penting ketercukupan pangan yang terjangkau rakyat,'' ungkap Rudi usai diskusi dampak El Nino, Jumat (2/10).

Untuk jangka panjang, diversifikasi pangan dari dominasi beras ke umbi-umbian bisa dilakukan.

El Nino dan La Nina, kata Rudi, biasanya terjadi bergantian, El Nino setahun, setelah itu La Nina setahun juga. Tapi ini bisa berubah.

Faktor utamanya adalah energi matahari. Surplus energi matahari kali ini diprediksi terjadi pada awal Januari 2016, setelah itu akan berkurang. Mulai pertengahan Januari hujan mulai banyak dan awal Februari bisa mulai banjir.

''Tapi kondisi berubah karena Indonesia tidak punya banyak akses data aktifitas energi matahari,'' kata Rudi.

Karena tidak punya penelitian sendiri mengenai aktivitas matahari dan perubahan suhu di bumi, Indonesia akan bergantung pada citra satelit lembaga asing seperti Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Menurut Rudi, kelemahan Indonesia ini bisa ditambal dengan moderenisasi ground station sehingga Indonesia bisa mengambil data dari banyak satelit. ''Kita bisa kerja sama dengan lembaga-lembaga di luar agar bisa unduh data mereka. Karena di Indonesia sering terjadi blank. Akses mereka untuk Indonesia kadang sementara. Pakai citra satelit, pemantauannya jadi mudah dan murah,'' papar Rudi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement