Rabu 30 Sep 2015 16:39 WIB

Kebugaran PNS Depok akan Rutin Dipantau

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Angga Indrawan
Pegawai Negeri Sipil alias PNS.
Foto: a7x.web.id
Pegawai Negeri Sipil alias PNS.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan rutin melakukan tes kebugaran Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, masih banyak PNS yang tingkat kebugarannya masih kurang. Hal tersebut dilakukan juga sebagai monitoring untuk mengetahui tingkat kesehatan dan kebugaran PNS secara berkala.

“Agustus lalu kami telah melakukan tes dan sudah didapat hasilnya, untuk mengetahui perubahan-perubahan kesehatan di masing-masing aparatur, kami akan rutin melakukan tes kesehatan kembali,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Pemkot Depok, Zakiyah saat ditemui di ruang kerjanya di Balaikota Depok, Rabu (30/9).

Diutarakan Zakiyah, tes kebugaran akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Tujuannya untuk melakukan evaluasi pencapaian tingkat kebugaran yang selanjutnya dilakukan perbandingan.

Dinkes Pemkot Depok, sebelumnya telah melakukan tes kesehatan, yaitu ergocycle. Tes tersebut meliputi pemeriksaan tensi darah, nadi, berat badan dan tinggi badan, laboratorium (gula, kolesterol, asam urat), EKG, serta persentase kadar lemak dalam tubuh.

Akan tetapi, pada minitoring selanjutnya akan dilakukan tes rockport. Tes tersebut dilakukan dengan berlari dan kemudian menghitung denyut nadinya. “Tes yang akan kita lakukan secara rutin ini tidak menggunakan alat bantu, hanya dengan berlari saja,” terang Zakiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement