Selasa 22 Sep 2015 21:39 WIB

Konflik Sosial di Indonesia Terjadi Akibat Diabaikannya Nilai Pancasila

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Pelajar menari memeriahkan acara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di gedung DPR, Jakarta, Rabu (1/6).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pelajar menari memeriahkan acara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di gedung DPR, Jakarta, Rabu (1/6).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Konflik sosial di Tanah Air sejatinya bisa diredam dengan penghayatan terhadap nilai-nilai berpancasila.

“Guna mencegah konflik di tengah di masyarakat harus dimulai dari diri sendiri dengan mengamalkan Pancasila, yakni menjalankan toleransi dan sikap saling menghargai," ujar Ketua Umum DPD ‎Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung M Iqbal WT, Selasa (22/9).

Ia mencontohkan, masyarakat Lampung yang sering bergesekan terlibat dalam konflik komunal memperlihatkan tidak adanya penghayatan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Khususnya,  pentingnya pendidikan toleransi dan  kewarganegaraan.

Kesulitan dalam meredam konflik, ujar dia, disebabkan kondisi dan sosial masyarakat yang banyak perbedaan. Konflik juga terjadi disebabkan kurangnya jumlah aparat keamanan yang bekerja di tengah masyarakat.

Anggota DPRD Lampung Utara, Romli juga mengatakan, Pancasila sebagai Ideologi bangsa yang terbuka dan tidak kaku dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Apalagi sekarang ini negara Indonesia semakin maju dan berkembang,  baik dari aspek teknologi ataupun tatanan ekonomi.

“Pancasila akan tetap diposisikan sebagai kunci pengendali agar bangsa Indonesia tetap memegang teguh budaya asli yang sejalan dengan Pancasila. Meskipun, budaya asing asing telah mengontaminasi sebagian kecil masyarakat,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement