Selasa 22 Sep 2015 16:24 WIB

DPR: Kasus Gayus tak Menyenangkan untuk Menkumham

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (kanan).
Foto: Antara
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto menyayangkan munculnya foto Gayus Tambunan yang sedang makan di restoran.

Padahal seharusnya yang bersangkutan tak boleh bebas berkeliaran karena sedang menjalani masa tahanan sebagai terpidana kasus gratifikasi dan pencucian uang saat berstatus sebagai pegawai pajak.

Politikus Demokrat itu menilai, beredarnya foto tersebut mengusik masyarakat soal penegakan hukum di lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di bawah Kementerian Hukum dan HAM.

"Ini suatu hal yang tidak menyenangkan bagi Lapas dan Menkumham," kata Agus Hermanto di kompleks parlemen Senayan, Selasa (22/9).

Agus Hermanto menambahkan, DPR mengapresiasi tindakan Menkumham yang pro aktif dengan memasukkan Gayus ke ruang isolasi di tahanan.

Bahkan, kalau perlu, imbuh dia, terpindana seperti Gayus harus dipindahkan ke lapas Nusakambangan. Dengan begitu kaburnya Gayus akan lebih sulit lagi.

Ia melanjutkan dalam klarifikasinya, Kemenkumham sudah mengatakan bahwa Gayus memang minta izin keluar lapas karena menghadiri persidangan cerainya.

Alasan ini memang dibolehkan bagi seorang terpidana. Namun, dengan menampakkan diri bahkan berfoto di restoran sangat tidak patut.

"Jadi disini seolah pengawalan terhadap Gayus kurang baik sehingga bisa makan di restoran," tegasnya.

Agus Raharjo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement