Sabtu 19 Sep 2015 00:30 WIB

Ahok Terbang ke Rotterdam Lihat Reklamasi

Rep: C26/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dijadwalkan terbang ke Rotterdam, Belanda, Sabtu (19/9) esok. Kunjungannya ke negeri kincir angin itu akan membahas pembangunan yang gencar dilakukan termasuk soal reklamasi.

"Kita mau cek seluruh reklamasinya," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (18/9).

Menurutnya reklamasi di Rotterdam bisa menjadi percontohan untuk dikembangkan di Indonesia. Mengingat pemerintah provinsi DKI tengah mencoba proyek reklamasi beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

Ia menyebut pembangunan reklamasi di Belanda mulai gencar sejak tahun 1925. Keputusan berani ini menjadikan Rotterdam sebagai kota transit perdagangan dengan pelabuhan hasil reklamasi. Hal seperti ini yang perlu dipelajari.

Selain itu undangan kunjungan ini sudah tiga kali tidak dipenuhi sebelumnya. Oleh karenanya momen ini tepat untuk berkunjung melihat reklamasi yang ada di sana. Tak hanya reklamasi, ia menyebut Jakarta bisa belajar pengembangan gas dari lumpur yang disulap menjadi energi.

Bersama perwakilan pihak Jakpro dan Pembangunan Jaya, Ahok akan berada di sana hingga Rabu (23/9). Saat disinggung ada wartawan yang ikut, mantan Bupati Belitung Timur ini hanya tertawa.

"Iya ya lupa aku bawa wartawan. Nanti pencitraan lagi bawa wartawan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement