Kamis 17 Sep 2015 17:52 WIB

Pasangan Menikah Sejenis Coreng Bali

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Angga Indrawan
Demonstrasi mengecam kaum homoseksual. Ilustrasi
Foto: AP
Demonstrasi mengecam kaum homoseksual. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Pasangan menikah sesama jenis, TM dan TJ menggelar perayaan di salah satu hotel bintang lima di Ubud, Kabupaten Gianyar, 12 September lalu. Perilaku kedua pria itu dinilai telah mencoreng kesucian adat istiadat Bali sebagai bagian dari Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

"Kepala desa adat (bandesa) tidak tahu ada kegiatan seperti itu," kata Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata di Gianyar, Kamis (17/9).

Pemberitaan perayaan pernikahan sesama jenis, kata Bharata, jelas mencoreng Bali sebagai Pulau Seribu Pura yang suci. Bharata menegaskan bahwa kedua pelaku sama sekali tidak menggelar proses pernikahan menurut adat atau agama apapun. Keduanya, kata dia, hanya menggelar acara pembersihan (melukat) yang dilanjutkan dengan pesta cocktail dan makan malam.

Bharata mengimbau warga dan seluruh komponen masyarakat untuk mewaspadai terjadinya hal serupa. Pelaksanaan upacara pembersihan desa selanjutnya akan dikoordinasikan dengan sulinggih atau pemuka agama di Bali. Bharata menyayangkan kejadian ini terjadi di wilayahnya. Supaya tak terulang, pemerintah daerah akan mengintensifkan pengawasan dan pengamanan bersama pihak keamanan dan masyarakat.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabuaten Gianyar, I Gusti Mangku Adiarta mengatakan berdasarkan informasi dari pihak terkait, tidak ada prosesi adat dan pernikahan secara agama digelar di lokasi. Sesajen yang digunakan untuk pembersihan diri itu juga berbeda dengan sesajen umum yang digunakan masyarakat Bali.

"Sarana upacara dan pemuka yang digunakan juga bukan yang memiliki kewenangan untuk upacara pernikahan," kata Adiarta.

Akun Facebook berinisial AS sebelumnya mengunggah sejumlah foto pernikahan pasangan homoseksual berinisial TM dan TJ. Berdasarkan penelusuran Republika, TM dan TJ telah melangsungkan pernikahan di Old Daley on Crooked Lake, Averill Park, New York, Amerika Serikat (AS) pada 26 Juni lalu. Hal itu dibuktikan dari foto pernikahan keduanya terpampang di laman Facebook Bailly Photography pada tanggal tersebut. Foto lain keduanya juga diunggah oleh laman Facebook Old Daley on Crooked Lane pada Sabtu (27/6). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement