Kamis 17 Sep 2015 12:32 WIB

Keren! Pelajar SMP Asal Solo Buat Alat Pendeteksi Bencana

Red: M Akbar
Jalur rawan longsor.   (ilustrasi)
Foto:

Ia mengatakan peralatan ini juga sebagai peringatan dini. Sedangkan tindakan selanjutnya tergantung pada yang berwenang dalam menyikapi. 

"Kami juga mendapat pertanyaan saat uji coba. kalau alarmnya berbunyi dan warga mengabaikan, itu sudah menjadi ranahnya pemangku kebijakan," ungkapnya.

Selain demo alat pendeteksi tanah longsor dalam upacara 17an di balai kota juga diwarnai demo pemadam kebakaran manual. Alat pemadam itu bernama Pawang Geni (Penjinak Api) yang dibuat warga Kelurahan Sudiro Prajan, Kecamatan Jebres, Solo.

Di samping itu juga ada peragaan Pesawat Robotik Siswa dari CV Krisna Mandiri Manahan, Solo. Robot ini sejenis pesawat tanpa awak (droon). Piranti ini juga multi fungsi sebagai pemantau area perkebunan, pemantau lalulintas dan juga untuk memantau keberadaan anak jalanan.

PJ Wali Kota Budi Suharto mengapresiasi seluruh anak bangsa tersebut. Bahkan untuk pesawat robotik ini Pemkot berencana membeli beberpa unit untuk SKPD terkait. Seperti Satpol PP memantau keberadaan PKL dan gelandangan. Dishubkominfo untuk memantau kemacetan di Solo.

"Inilah potret kedepan anak-anak kita yang maju dalam karya ilmiahnya. Mungkin ini kedepan bisa diterapkan untuk pengembangan teknologi dan mempermudah kinerja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement