Rabu 16 Sep 2015 11:10 WIB

Kualitas dan Debit Air Baku Jakarta Makin Menurun

Kekeringan
Foto: Antara
Kekeringan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim kemarau berdampak bukan hanya pada menurunnya kuantitas air baku. Namun, musim kemarau juga memperburuk kualitas air sungai yang merupakan sumber air baku bagi air bersih, terutama di Jakarta.

PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA), operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah Barat DKI Jakarta menghimbau warga Jakarta, khususnya para pelanggan PALYJA untuk turut berupaya melakukan  penghematan air dan menggunakan air dengan bijaksana di lingkungannya masing-masing.

Corporate Communications & Social Responsibilities Division Head Meyritha Maryanie mengatakan saat ini debit dan kualitas air baku Sungai Krukut yang merupakan sumber air baku pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak semakin memburuk. Tingkat polutan terlarut sudah melampaui batas aman dan terlalu tinggi untuk diolah oleh IPA Cilandak.

"Sehingga, untuk menjaga kualitas air bersih kepada pelanggan, PALYJA terpaksa harus menurunkan produksi sebesar 200 liter per detik dari normalnya 400 liter per detik," kata dia, Rabu (16/9).

Untuk mengantisipasi gangguan pasokan air bersih kepada pelanggan, PALYJA telah berkoordinasi dengan PAM Jaya dan Aetra untuk mendapatkan tambahan pasokan air baku sebesar 150 liter per detik. Selain itu, kata dia, PALYJA juga meningkatkan pasokan dari Distribution Central Reservoir 5 (DCR) sekitar 50 liter per detik.

Kawasan yang akan terdampak oleh berkurangnya pasokan air bersih adalah Jati Padang, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Gandaria Selatan, Cilandak Barat, Cipete Selatan, Gandaria Utara, Cipete Utara, Pulo, Duren Tiga, Kalibata, Pengadengan, Rawajati

Selain itu, memburuknya kualitas air dari sungai Cengkareng Drain, juga membuat PALYJA harus menurunkan tingkat produksi bahkan terpaksa menghentikan produksi IPA Taman Kota berkapasitas 150 liter per detik untuk menjaga kualitas air bersih yang kami salurkan kepada pelanggan.

Guna mengantisipasi gangguan pasokan air kepada pelanggan, PALYJA akan meningkatkan pasokan air bersih dari DCR 4 Kebon Jeruk dan Booster Pump Daan Mogot. Kawasan yang akan terdampak oleh berkurangnya pasokan air bersih dari IPA Taman Kota adalah Cengkareng Barat, Cengkareng Timur, Kalideres, Rawa Gabus, Kapuk Peternakan, Taman Kota, Rawa Buaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement