Selasa 15 Sep 2015 21:03 WIB

Pemkot Depok Bangun Fly Over Senilai Rp 1,8 Triliun

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Angga Indrawan
Gapura Kota Depok (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Gapura Kota Depok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membangun fly over Markaswangi yang meliputi Margonda-Kartini-Dewi Sartika-Siliwangi. Pembangunan fly over untuk mengatasi kemacetan ini membutuhkan dana Rp 1,8 triliun.

"Saat ini prosesnya baru Detail Engineering Design (DED), yang telah dimenangkan melalui lelang oleh PT Butari," ujar Kepala Bidang Jalan dan Lingkungan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Pemkot Depok, Hardiman, di Balaikota Depok, Selasa (15/9).

Hardiman mengatakan, untuk DED sendiri membutuhkan anggaran sebesar Rp 350 juta. Sementara, perkiraan pembangunan fisiknya mencapai Rp 700 miliar. "Dana untuk pembangunan fly over Markaswangi belum terkumpul, nanti setelah DED akan diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk disurvei. Jika oke, maka prosesnya bisa dilakukan, namun pengumpulan anggaran akan didahulukan," terangnya.

Hardiman juga mengutarakan, ada lima lokasi pembebasan lahan untuk proyek pelebaran jalan pada tahun ini, yakni Jalan Raya Cinere senilai Rp 10 miliar, Gang Nangka di Jalan Raya Bogor awalnya Rp 6,4 miliar kemudian ditambah Rp 20 miliar, Jalan Adi karya Rp 5,4 miliar, Jalan Raden Saleh Rp 6,4 miliar, dan Jalan Kemakmuran Rp 5,6 miliar. 

"Untuk pelebaran Gang Nangka kebutuhannya banyak. Jalan di kiri dan kanan sangat panjang untuk pelebaran, jadi anggaran ditambah," tutupnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement