Jumat 28 Aug 2015 17:03 WIB
Polemik Web revolusimental.co.id

Web Revolusimental.co.id Harusnya Pakai Server Pribadi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Bayu Hermawan
web revolusimental.co.id sejak Rabu (26/8) pagi tak bisa diakses
web revolusimental.co.id sejak Rabu (26/8) pagi tak bisa diakses

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Riset Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC), Pratama Persadha menilai sebaiknya Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) membuat server khusus untuk situs revolusimental.co.id.

"Kami ingin fokus pada permasalahan teknis. Dari pengecekan memang website tersebut memakai sharehosting," ujarnya, Jumat (28/8).

Pratama mengatakan kurang tepat sebenarya Kemenko PMK memiliki anggaran besar seharusnya menggunakan server sendiri alias private server. Konsekuensinya memakai sharehosting menjadikan website revolusimental satu rumah bersama website lainnya.

Mantan Petinggi Lembaga Sandi Negara ini mengatakan server pribadi ini penting ketika ada serangan maupun masalah yang terjadi di website. Sehingga pemilik server bisa mengembalikan kembali ke sistem awal.

Karena pemilik website yang memegang kendali dan mengelola sendiri. Selain itu sudah seharusnya pemerintah Jokowi memiliki server pribadi jika kan menerapkan e-goverment.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir web revolusimental.co.id menjadi bahan perbincangan di publik. Hal tersebut karena dikabarkan biaya pembuatan web tersebut yang cukup besar. Namun hal itu telah dibantah oleh Kemenko PMK. Bukan itu saja, web yang baru diluncurkan beberapa hari tersebut saat ini masih mengalami gangguan dan belum bisa diakses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement