Jumat 28 Aug 2015 16:22 WIB

Ekspedisi Sail Tomini 2015 Resmi Berangkat

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Dwi Murdaningsih
Peserta satgas Sail Tomini 2015 mengikuti upacara pelepasan di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (28/8). (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Peserta satgas Sail Tomini 2015 mengikuti upacara pelepasan di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (28/8). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bekerjasama dengan TNI AL secara resmi memberangkatkan Satuan Tugas Sail Tomini 2015. Upacara pemberangkatan Satgas Sail Tomini 2015 ini dipimpin langsung Menko PMK, Puan Maharani, di Terminal Dua Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Jumat (28/8).

Ekspedisi Sail Tomini 2015 ini terdiri dari empat Satuan Tugas, yaitu Satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-LXIV, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda, Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-V, dan Satgas Bhakti Kesra V (Bhakesra V). Semua Satgas ini pun menggunakan KRI milik TNI AL, yaitu KRI dr. Soeharso-990 di Satgas Surya Bhaskara Jaya, KRI Teluk Bintuni-520 dengan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda, KRI Makassar-590 di Pelantara. Kemudian, untuk Satgas Bhakesra V menggunakan KRI Banda Aceh-593.

Puan menyebutkan, ekspedisi Sail Tomini 2015 ini akan berlangsung selama kurang lebih 28 hari, yaitu terhitung secara efektif dari 31 Agustus hingga 28 September. Tidak hanya itu, Puan menjelaskan, harapan utama dari digelarnya pelaksaan Sail Tomini 2015 ini dapat membantu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan di masyarakat-masyarakat di wilayah terpencil, terluar, dan terdepan.

''Harapan dari adanya kegiatan ini adalah pembangunan ekonomi dan insfratruktur, dari tingkat UKM hingga yang tingkat selanjutnya. Masyarakat diharapkan bisa merasakan manfaat dan sejahtera. Selain itu, ini menunjukkan Pemerintah hadir, negara hadir, di wilayah tiga T, terdepan, terluar, terpencil,'' kata Puan kepada masyarakat di JICT, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Jumat (28/8).

Keempat kapal ini pun bersandar di Terminal Dua JICT dalam upacara pemberangkatan Ekspedisi Sail Tomini 2015. Ekspedisi ini pun akan berkeliling di sejumlah wilayah-wilayah terpencil, terdepan, dan terluar Indonesia. Pada tahun ini, Sail Tomini 2015 mengambil tema 'Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement