Kamis 27 Aug 2015 22:11 WIB

Gaji TKI di Taiwan Naik‪

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Karta Raharja Ucu
TKI
Foto: ujicoba.net
TKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja, M Hanif Dhakiri mengatakan, mulai 1 September 2015 gaji pokok minimal TKI yang bekerja di sektor domestik di Taiwan naik dari 15.840 NT (dolar Taiwan) menjadi menjadi  17.000 NT atau naik 7,3 persen.

"Kenaikan gaji ini ini berlaku bagi TKI sektor domestik yang menandatangani perjanjian kerja per 1 September 2015. Ini juga berlaku bagi TKI yang kembali lagi bekerja ke Taiwan setelah tiga tahun masa perjanjian kerja berakhir," katanya, Kamis, (27/8).

Pada pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja Taiwan  Chen Hsiung-Wen disepakati untuk menaikkan gaji pokok minimal TKI sektor domestik. "Kami mengapresiasi Kementerian Tenaga Kerja Taiwan yang telah membahas peningkatan kesejahteraan dan perlindungan TKI di Taiwan, khususnya meningkatkan gaji TKI sektor domestik."

Sejak 1997 gaji pokok minimal TKI sektor domestik di Taiwan tidak pernah naik. Namun, perlu disyukuri 1 September 2015 nanti gaji pokok minimal TKI naik. "Peningkatan gaji ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan TKI."

Jika memungkinkan, kata Hanif, diharapkan gaji tersebut kenaikannya  disesuaikan setiap tahunnya sebagaimana pekerja lain di Taiwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement