Jumat 21 Aug 2015 00:01 WIB

SDN Polisi 4 Kota Bogor Dorong Anak Cinta Lingkungan

Rep: C34/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi
Foto: Antara/Resno Esnir
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 1.036 siswa SDN Polisi 4 Kota Bogor bahu-membahu membersihkan limbah di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Kamis (20/8). Tak hanya itu, para siswa juga berpawai mengenakan pakaian dari barang-barang bekas.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Lingkungan SDN Polisi 4 Kota Bogor, Taufik Hidayat, menginformasikan bahwa kegiatan itu bertujuan mendorong siswa semakin cinta lingkungan. Taufik berharap, anak-anak bisa turut andil membuat Kota Bogor semakin asri dan sejuk.

"Kami punya slogan "Lisa", artinya "Lihat Sampah Ambil". Ada juga "Libra" yang artinya "Lihat Berantakan Rapikan"," tutur Taufik kepada Republika.

Menurut Taufik, pembiasaan sejak dini untuk merawat dan menjaga alam adalah hal yang penting. Ia menambahkan, SDN Polisi 4 Kota Bogor secara rutin menggelar helatan serupa, seperti bebersih lingkungan dan membagikan tanaman gratis.

Ia menggarisbawahi, aksi di Lapangan Sempur tersebut digelar untuk memeringati HUT RI ke-70, hari Pramuka ke-54, serta hari anak nasional. Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama SDN Polisi 4 Kota Bogor dan DeTara Foundation itu dihadiri pula oleh sejumlah pejabat dari Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup.

Rangkaian acara menarik lain seperti pelepasan 240 burung pipit, penulisan ranting harapan, menyiram tanaman dengan air cucian beras, fashion show baju dari barang bekas, pawai duta lingkungan, angklung, dan marching band juga meramaikan kegiatan bertema "Cinta Generasi Bangsaku" itu.

"Tema ini kami pilih untuk memotivasi anak agar mereka punya harapan-harapan yang kuat dan tinggi untuk membangun bangsa ini," kata Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement