Kamis 06 Aug 2015 15:43 WIB

Ribuan Hektare Lahan Sawah di Lampung Alami Kekeringan

Petani di sawah yang alami kekeringan.
Foto: Antara
Petani di sawah yang alami kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID, MESUJI -- Ribuan hektare lahan sawah di beberapa wilayah di Kabupaten Mesuji, Lampung, dalam dua pekan terakhir sudah mulai mengering. Berdasarkan pemantauan di Mesuji, Kamis (6/8), menujukkan bahwa air kanal anak sungai Mesuji mulai surut. Padahal, sekitar tiga bulan lagi petani akan memanen padinya.

Lahan yang mulai mengalami kekeringan berada di Desa Sungai Sidang, Desa Pangkal Mas Jaya, Kecamatan Mesuji Timur, dan Desa Wiralaga, Kecamatan Mesuji,Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji, Lampung. Kanal-kanal anak sungai Mesuji mulai surut sehingga air sungai tak dapat melintasi saluran air ke sawah-sawah.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Mesuji, Yusuf, mengatakan saat ini kanal-kanal sungai yang mengaliri air ke sawah-sawah sudah mengering. "Padahal sekitar tiga bulan lagi petani akan panen raya," katanya.

Dia mengatakan, hujan sudah tidak turun lagi sejak sebulan terakhir. Ribuan hektare lahan sawah yang ada di Kecamatan Mesuji Timur dan Mesuji yang rata-rata lahan tadah hujan, mulai mengering dan retak-retak. Beberapa petani belum berniat mengolah lahan sawahnya karena khawatir kekeringan masih berlangsung lama.

Jalan-jalan kabupaten yang menghubungkan pemukiman penduduk saat ini sudah diselimuti debu tanah yang mengering karena panasnya suhu udara. Warga juga mulai berhemat air untuk minum dan mandi. "Air sumur sudah mulai sedikit, sedangkan air sungai di pemukiman penduduk mulai surut," tambah Yusuf.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement