Rabu 29 Jul 2015 07:00 WIB

Bendung Urbanisasi, Investasi di Daerah Perlu Diperbanyak

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Satya Festiani
Urbanisasi, industrialisasi, dan perkembangan ekonomi mendorong pertambahan penduduk di perkotaan (ilustrasi).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Urbanisasi, industrialisasi, dan perkembangan ekonomi mendorong pertambahan penduduk di perkotaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri mengatakan, sebenarnya Jakarta memiliki banyak lapangan kerja bagi pendatang yang menyerbu ibu kota pasca Lebaran. Berdasarkan laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja di Jakarta, lowongan kerja cukup banyak.

"Namun lowongan tersebut tetap meminta para pencari kerja memiliki kompetensi dan keahlian kerja yang baik agar cepat mendapatkan pekerjaan," kata Hanif, Selasa, (27/7).

Meski Jakarta memiliki banyak  lowongan kerja namun daerah juga harus dapat berkembang dan mendorong daya ekonominya sendiri. Menurutnya penting untuk menekan urbanisasi para pendatang ke ibu kota.

"Skema investasi daerah perlu diperbanyak. Selain itu, kewirausahaan di daerah harus didorong untuk menekan adanya urbanisasi," ujar Hanif.

Kota-kota besar khususnya Jakarta memang masih menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang melakukan urbanisasi. Penduduk yang berasal dari kota-kota kecil di Jawa dan luar Pulau Jawa menganggap Jakarta itu lokasi yang tepat untuk mencari lapangan pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement