Selasa 28 Jul 2015 22:14 WIB

Ini Kondisi Terakhir Erupsi Gunung Raung, Gamalama, dan Sinabung

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ilham
 Gunung Raung mengeluarkan asap solvatara terlihat dari Desa Sempol, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (23/7).
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Gunung Raung mengeluarkan asap solvatara terlihat dari Desa Sempol, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerangkan kondisi terbaru gunung berapi di Tanah Air. Tiga gunung yang tengah erupsi saat ini adalah Raung, Gamalama, dan Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tipe letusan Gunung Raung bersifat terus-menerus. Bentuk magmanya encer, tidak seperti di Gunung Merapi, Sinabung maupun Kelud. Sehingga, kata dia, kecil kemungkinan terjadi awan panas.

 

“Hari ini Gunung Raung kembali meletus dengan ketinggian 400 meter. Tremor juga terus-menerus dengan amplitudo 29 milimeter,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/7).

 

Namun, kata dia, arah abu vulkanis Gunung Raung masih berada di sekitar tempat itu. Jadi, bandara yang ada di sekitar Gunung Raung masih aman. Saat ini status Gunung Raung adalah siaga level III. Pihaknya tidak mengetahui kapan erupsi gunung ini akan berakhir. “Belum dapat diprediksi sampai kapan terjadinya erupsi Gunung Raung,” katanya.

 

Sementara, status Gunung Gamalama masih waspada atau level II. Gunung ini kembali meletus pada hari ini sekitar pukul 06.17 WIB dengan ketinggian 2.500 meter. Tercatat jumlah pengungsi Gunung Gamalama sebanyak 1.700 jiwa.

 

Gunung Sinabung juga kembali meletus hari ini sekitar pukul  06.00-12.00 WIB. Awan panas muncul dengan jarak 2-2,5 kilometer (km) ke tenggara timur. Terlihat guguran lava dengan jarak satu kilometer. “Sehingga status Gunung Sinabung masih awas atau level IV,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement