Selasa 21 Jul 2015 09:45 WIB

Polresta Bekasi Bekuk Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)
Foto: www.halosemarang.com
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Polresta Bekasi, Jawa Barat, menangkap seorang pelaku pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya di Desa Setiamekar, Kecamatan Tambun Selatan.

"Kasus itu terjadi pada Senin (20/7) sekira pukul 06.00 WIB di Kampung Rawa Aren RW017 Desa Setia Mekar, Tambun Selatan," kata Kapolresta Bekasi Kombes Pol Rickynaldo di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, modus yang dilakukan pelaku adalah dengan berpura-pura mengetuk pintu rumah korbannya untuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan kosong.

"Bila diketuk ada penghuninya, maka pelaku hanya berpura-pura menanyakan alamat, tapi kalau kosong langsung dibobol dan menjarah seluruh hartanya," katanya.

Menurut dia, rumah kosong yang merupakan milik Andi S diketahui dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik. "Pelaku berjumlah dua orang. Mereka berhasil masuk ke dalam rumah korban dengan cara membobol lubang kunci pintu," katanya.

Namun saat tengah mencari barang yang akan dicuri, kata dia, salah satu saksi yang merupakan tetangga korban, Yanto (30), melihat gelagat mencurigakan dari para pelaku di dalam rumah korban.

"Saksi langsung melapor ke Polsek setempat dan direspons petugas dengan langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP)," katanya.

Pelaku yang melihat didatangi polisi bersama warga langsung berusaha melarikan diri, namun satu di antaranya berhasil ditangkap. "Satu pelaku yakni Iskandar Zulkarnain (23) berhasil ditangkap, namun rekannya bernama Edi berhasil lolos," katanya.

Dikatakan Rickynaldo, polisi menyita sejumlah barang bukti kejahatan seperti satu buah obeng kembang gagang warna merah, sebuah grendel pintu, sebuah DVD player, sebuah Play Station merk Sony.

"Kasus ini masih didalami Polsek Tambun untuk mengejar pelaku lainnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement