Sabtu 18 Jul 2015 18:28 WIB

Ombak Tinggi, Pengunjung Kepulauan Seribu Menurun

Rep: C25/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pulau Sepa di Kepulauan Seribu
Foto: ANTARA
Pulau Sepa di Kepulauan Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berlibur menyeberangi laut dan berwisata ke pulau-pulau, tidak melulu harus ke luar kota dan menghabiskan cukup banyak waktu untuk perjalanan. DKI Jakarta sendiri memiliki sejumlah tempat berlibur yang menghadirkan keindahan laut, serta wisata antar pulau yang tidak perlu ditempuh dengan waktu yang lama.

Salah satunya adalah Kepulauan Seribu, yang memang menyajikan hamparan pulau dan wisata laut yang bisa dinikmati masyarakat yang ingin berlibur Lebaran.

Sayangnya, wisata alam memang harus tetap bergantung pada kondisi terkini dari laut, yang tidak bisa dilawan jika kondisi alam sedang tidak bersahabat bagi para wisatawan yang hendak datang. Begitupun di Kepulauan Seribu pada Lebaran tahun ini.

Meski cuaca cukup cerah, kondisi ombak yang dalam beberapa hari terakhir memang terbilang tinggi, membuat wisatawan yang hendak datang lebih sedikit, jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

Plt Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo, menuturkan kalau dalam beberapa hari menjelang Lebaran dan hingga kini, kondisi ombak di laut yang mengitari Kepulauan Seribu cukup tinggi. Hal tersebut membuat sejumlah kapal, khususnya kapal-kapal ojek yang memang berukuran tidak terlalu besar, tidak bisa menyeberangi laut untuk mengantarkan para wisatawan menuju sejumlah pulau, yang hendak mereka kunjungi.

Budi menegaskan kalau keamanan mereka yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu, harus menjadi prioritas, baik para wisatawan ataupun nelayan yang mengantarkan itu sendiri.

Sejumlah pulau yang berada di Kepulauan Seribu, praktis hanya bisa dijangkau dengan perahu-perahu berukuran besar, yang memang bisa melintasi laut atau menghadapi terjangan ombak yang tinggi. "Ombak memang sedang besar jadi pengunjung memang lebih ramai tahun lalu," kata dia.

Meski begitu, Budi menerangkan kalau sejumah pulau yang berada di Kepulauan Seribu masih didatangi cukup banyak wisatawan, baik lokal maupun internasional, yang ingin menghabiskan masa liburan dengan wisata laut dan wisata lintas pulau.

Beberapa pulau yang tetap ramai dikunjungi para wisatawan diantaranya adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.

Budi menambahkan kalau Jembatan Cinta, yang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Pulau tidung, tetap menarik cukup banyak wisatawan. Selain itu, hamparan keindahan bawah laut di beberapa pulau di Kepulauan Seribu, masih menjadi salah satu wisata paling favorit, yang dipilih para wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. 

"Jembatan Cinta di Tidung, dan wisata bawah laut masih jadi favorit," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement