Jumat 17 Jul 2015 16:56 WIB

Tiga Gunung Tunjukan Aktivitas Vulkanik, Masyarakat Diminta Waspada

Rep: C36/ Red: Winda Destiana Putri
BMKG
BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga gunung api masih menunjukkan aktivitas vulkanik hingga Jumat (17/7).  Masyarakat diminta terus memantau informasi terkait perkembangan aktivitas vulkanik ketiga gunung api tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun ROL dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ketiga gunung yang masih menampakkan aktivitas vulkanik adalah Gunung Raung di Jawa Timur, Gunung Dukono di Halmahera Utara dan Gunung Gamalama di Pulau Ternate. Sebaran abu vulkanik dari ketiga gunung juga masih terjadi.

Kepala Bidang Meteorologi Penerbangan BMKG, Heru Jatmiko mengatakan pergerakan abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke barat dan barat laut. Sebaran abu vulkanik Gunung Gamalama dan Gunung Dukono mengarah ke barat dan barat daya.

"Sebaran abu tetap ada, tetapi volumenya tidak besar. Sebaran abu diperkirakan belum menggangu aktivitas masyarakat maupun berdampak serius terhadap kegiatan penerbangan," ujar Heru.

Meski begitu, pihaknya tetap menghimbau masyarakat untuk terus memantau perkembangan informasi aktivitas vulkanik ketiga gunung.  Informasi bisa dipantau lewat laman resmi BMKG,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sebaiknya terus dipantau karena kondisinya masih tentatif. Perkembangan aktivitas vulkanik ketiga gunung belum bisa diperkirakan," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement