Jumat 17 Jul 2015 16:32 WIB

Sebaran Api Gunung Raung Diperkirakan Mencapai Madura

Rep: C36/ Red: Winda Destiana Putri
 Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Ahad (12/7).   (Antara/Zabur Karuru)
Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Ahad (12/7). (Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebaran abu vulkanik Gunung Raung diperkirakan bisa mencapai Pulau Madura. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebaran abu vulkanik kini meluas hingga melewati garis pantai utara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lamongan.

Kepala Bidang Meteorologi Penerbangan BMKG, Heru Jatmiko, saat dihubungi ROL Jumat (17/7), mengatakan sebaran abu vulkanis Gunung Raung mengarah ke barat dan barat laut.

"Berdasarkan pantauan citra Satelit Himawari pukul 14.00 WIB, abu vulkanik semakin meluas ke utara dan sudah melewati garis pantai utara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lamongan," ujar Heru.

Saat ini, lanjut dia, sebaran abu vulkanik sudah sampai di Selat Madura. Sebaran abu vulkanik tersebut diperkirakan bisa mencapai Pulau Madura.

Karenanya, masyarakat setempat diminta terus memantau perkembangan pergerakan abu vulkanik. Bagi warga atau nelayan yang sedang melaut diharap berhat-hati dengan adanya potensi hujan abu.

"Perkembangan selanjutnya belum bisa diprediksi lebih lanjut. Masyarakat sebaiknya memantau informasi dari situs resmi BMKG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement