Rabu 01 Jul 2015 00:05 WIB
Hercules Jatuh

Evakuasi Korban Hercules C130: 71 jiwa dari AU, AD dan Sipil

Rep: C37/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Badan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh menghantam pemukiman warga di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6).   (AP/Andi Rambe)
Badan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh menghantam pemukiman warga di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6). (AP/Andi Rambe)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna menyebutkan bahwa sampai saat ini jumlah korban pesawat Hercules C-130 yang sudah berhasil dievakuasi mencapai 71 jiwa. Korban tersebut terdiri dari anggota TNI AU, AD dan keluarga anggota militer yang ikut serta.

“Sampai malam ini sudah ada 71 orang yang sudah dievakuasi. Ada keluarga lettu, keluarga serda, militernya yang pakai seragam AU ada 33 orang, dan ada 6 orang yang pakai seragam AD,”ungkap Agus saat dihubungi ROL pada Selasa (30/6).

Agus menyebutkan, saat ini tim evakuasi yang terdiri dari TNI AU, TNI AD, Polri dan Basarnas masih terus mengupayakan evakuasi korban penumpang pesawat tersebut. Sementara penyebab jatuhnya pesawat masih terus diselidiki.

Agus menjelaskan, pesawat tersebut jatuh saat baru terbang landas. Sebelumnya penerbang mengabarkan akan kembali ke pangkalan lalu terjatuh di Jalan Jamin Ginting, Kawasan Simalingkar, Medan, tidak jauh dari Pangkalan Udara Soewondo.

“Untuk sementara yang pasti ada trouble lah karena penerbangnya minta kembali ke pangkalan, pasti ada sesuatu. Kan baru take off. Nah pada saat kembali itu lah terjadi musibah. Segala sesuatunya sedang kita evaluasi,”tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement