Jumat 26 Jun 2015 07:07 WIB

PDIP dan PKB Koalisi di Pilkada Sumenep

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur MH Said Abdullah (kiri).
Foto: Antara
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur MH Said Abdullah (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP -- Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur MH Said Abdullah menyatakan PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa akan berkoalisi dalam Pemilihan Kepala Daerah Sumenep 2015.

"Secara resmi rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan tentang penetapan kandidat Pilkada Sumenep telah turun dan bakal calon bupati yang akan kami usung adalah kader PKB, yakni A Busyro Karim," ujarnya di Sumenep, Sabtu (27/6) sore.

Artinya, kata dia, PDI Perjuangan dalam posisi positif untuk menggandeng kader PKB dan selanjutnya berkoalisi dengan PKB dalam Pilkada Sumenep. "Dalam konteks itu, semoga rekomendasi dari DPP PKB tentang penetapan Pilkada Sumenep bisa secepatnya turun. Sesuai rekomendasi dari DPP, kami memang akan berkoalisi dengan PKB," ucapnya, menegaskan.

Anggota DPR daerah pemilihan Jawa Timur XI (Pulau Madura) itu berada di Sumenep untuk menghadiri rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) PDI Perjuangan setempat dalam rangka penyerahan dan sosialisasi rekomendasi DPP PDI Perjuangan tentang penetapan kandidat pilkada.

DPP PDI Perjuangan menetapkan A Busyro Karim-A Fauzi sebagai Bakal Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Sumenep 2015-2020 yang akan diusung dalam pilkada setempat. "Setelah melalui berbagai pertimbangan yang salah satunya adalah hasil survei, kami di PDI Perjuangan memang memutuskan untuk kembali berkoalisi dengan PKB dalam Pilkada Sumenep 2015 sebagaimana pada pilkada 2010," kata Said.

Namun, ada perubahan figur yang akan diusung oleh koalisi dua partai politik (parpol) tersebut dalam Pilkada Sumenep 2015, yakni pada posisi bakal calon wakil bupati yang diisi oleh A Fauzi. "Kami optimistis bisa memenangkan pasangan Busyro-Fauzi dalam Pilkada Sumenep 2015. Namun, tentunya tetap butuh perjuangan dan kerja keras untuk memenangi pilkada," ujarnya.

Said yang warga asli Sumenep itu berharap semangat dan sinergi antara pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan dengan PKB dalam pilkada 2010 hingga bisa memenangkan kandidatnya, terulang dalam pilkada 2015.

Rakercabsus PDI Perjuangan Sumenep yang dilaksanakan di aula salah satu hotel setempat itu dihadiri oleh sejumlah pengurus PKB dan seluruh pengurus cabang dan anak cabang PDI Perjuangan. Sementara Sekretaris DPC PKB Sumenep, Bahrul Ulum menjelaskan, sesuai informasi yang diterimanya, rekomendasi dari DPP PKB tentang penetapan kandidat pilkada setempat telah turun ke DPW PKB Jawa Timur.

"Kami akan secepatnya ke Surabaya (DPW PKB Jatim) untuk berkoordinasi tentang rekomendasi tersebut. Informasi yang kami terima dari pengurus PKB Jatim, kandidat yang akan kami usung dalam Pilkada Sumenep itu sama dengan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan (Busyro-Fauzi)," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement