Kamis 25 Jun 2015 15:39 WIB

Menkominfo Pilih Makassar untuk Luncurkan Jaringan 4G

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: M Akbar
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberikan sambutan saat peluncuran Gerakan Cinta Masjid Di Jakarta (10/6)malam. (Repubilika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberikan sambutan saat peluncuran Gerakan Cinta Masjid Di Jakarta (10/6)malam. (Repubilika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, memilih kota Makassar sebagai lokasi peluncuran pertama layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) di frekuensi 1800 Mhz untuk kawasan timur Indonesia.

Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menjelaskan rencana menkominfo untuk menggelar peluncuran perdana jaringan 4G di Makassar memang sudah dibicarakan beberapa kali. Rencananya, peluncuran tersebut dilakukan pada awal Juli mendatang.

Berkaitan dengan pelucuran tersebut, Ramdhan meminta dinas kesehatan (dinkes) untuk mempersiapkan layanan home care serta telemedis dalam peluncuran nanti.

"Saya dihubungi pak menteri komunikasi  peluncuran jaringan 4G akan di awali di Makassar. Untuk itu saya minta pada dinkes agar mempersiapkan layanan kesehatan sebagai contoh penggunaan jaringa telekomunikasi baru tersebut," katanya di Makassar, Kamis (25/6).

Dia mengatakan, peluncuran ini layanan 4G rencananya baru akan diselenggarakan tahun depan. Namun karena berkomunikasi beberapa kali, menkominfo melakukan respon lebih cepat. Menurut Ramdhan, penerapan 4G di Makassar sesuai dengan skenario yang telah dibangun terkait sejumlah program unggulan yang disiapkan dalam mendukung smart city.

''Apalagi sejumlah program kita sangat bergantung pada kekuatan jaringan internet. Ini jelas sangat berdampak pada sejumlah program unggulan kita, seperti program War Room, carester, home care, Telemedicine, Tangkasaki, dan lainnya,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement