Rabu 17 Jun 2015 15:20 WIB

56 Persen Pendaftar Capim KPK Berusia Senior

Rep: C36/ Red: Bayu Hermawan
Jubir Pansel KPK Betti S Alisjahbana (kanan).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jubir Pansel KPK Betti S Alisjahbana (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara Panitia Seleksi (Jubir Pansel), Betti Alisjahbana mengatakan separuh lebih pendaftar calon pimpinan (Capim) KPK telah berusia senior. Pendaftar Capim yang berusia paling tua tercatat berusia 65 tahun.

"Sampai saat ini jumlah pendaftar Capim sudah mencapai 114 orang. Sebanyak 56 persen dari jumlah itu berada di rentang usia 50 tahun-60 tahun. Untuk sementara, pendaftar Capim KPK memang didominasi mereka yang berusia senior," jelasnya saat dihubungi ROL, Rabu (17/6).

Pendaftar paling senior, lanjutnya, tercatat berusia 65 tahun. Sementara pendaftar termuda berusia 40 tahun.

"Untuk sementara, persentase pendaftar yang berada di rentang usia 45 tahun – 55 tahun sebanyak 44 persen. Proporsi persentase ini mungkin saja berubah seiring bertambahnya jumlah pendaftar," jelasnya lagi.

Menurutnya, hingga saat ini pihak pansel belum menentukan proporsi khusus terkait rentang usia dengan peluang terpilihnya individu sebagai kandidat kuat capim KPK.  Pihak pansel baru mulai memeriksa berkas-berkas pendaftaran yang sudah masuk sebagai seleksi tahap awal.

"Melihat jumlah pendaftar pansel yang sudah mencapai ratusan, kami mulai mencicil pemeriksaan setiap berkas yang masuk," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement