Rabu 17 Jun 2015 11:01 WIB

Debu Vulkanis Sinabung Terbang Hingga Medan

 Sejumlah warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis disertai awan panas, di Desa Namanteran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (16/6).  (Antara/Irsan Mulyadi)
Sejumlah warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis disertai awan panas, di Desa Namanteran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (16/6). (Antara/Irsan Mulyadi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Debu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, terbang hingga Kota Medan. Tercatat mulai menyentuh Medan pada Rabu (17/6) pagi.

Pantauan terhadap sejumlah ruas jalan di Kota Medan, terlihat beberapa kendaraan yang melintas diselimuti abu berwarna putih yang diperkirakan debu vulkanik Gung Sinabung. Staf Pelayanan Data BMKG Wilayah I Medan Rika Karyani yang dihubungi membenarkan jika debu vulkanik telah terbang ke Kota Medan dan sekitarnya.

Debu vulkanik tersebut dibawa angin dari arah Kabupaten Karo yang memiliki kecepatan sekitar 15-20 knot yang menuju arah barat daya Sumatera. Dengan kecepatan angin yang cukup kencang tersebut, debu vulkanik itu bisa sampai ke Kota Medan sejak pagi hari.

Bahkan, dari pemantauan yang dilakukan BMKG, debu vulkanik itu juga meliputi sejumlah daerah di pantai timur Sumut seperti Kabupaten Langkat, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang. Memastikan debu vulkanik tersebut, tetapi pihaknya tidak dapat mengetahui tingkat ketebalan debu yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung tersebut.

"Kami tidak tahu karena itu bukan ruang lingkup kami," kata Rika. Meski demikian, BMKG memprakirakan debu vulkanik itu bisa hilang dengan kemungkinan turunnya hujan pada sore hingga malam hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement