Jumat 12 Jun 2015 17:05 WIB

Jika Arek-Arek Suroboyo dan Cucu Pahlawan Dipertemukan

Rep: Andi Nurroni/ Red: Indah Wulandari
Bung Tomo
Foto: wikipedia
Bung Tomo

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Cucu para pahlawan dari Kota Surabaya akan berkumpul bersama Komunitas Putera Surabaya dalam “Silaturahmi Akbar Arek-Arek Suroboyo 2015”, Ahad (14/6) malam mendatang.

 Even yang bertempat di Taman Surya, halaman Balai Kota, kegiatan yang digelar untuk ketiga kalinya itu direncanakan menghadirkan  4.000 undangan dari berbagai unsur masyarakat, organisasi, dan tokoh-tokoh Surabaya.

"Kita juga mengundang cucu-cucu pahlawan nasional seperti cucunya Bung Tomo, HOS Tjokroaminoto, dan Dul Arnowo,” ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kota Surabaya Samsul Bachri Nusi, Jumat (12/6).

Pemkot Surabaya menyambut baik rencana penyelenggaraan silaturrahmi akbar yang diinisiasi komunitas Putera Surabaya (Pusura) itu. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan antargenerasi.

 Samsul menambahkan, sebelum gelaran silaturrahmi akbar tersebut, sore harinya akan diadakan arak-arakan piala bergilir Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V di Banyuwangi. Tahun ini, Samsul melaporkan, kontingen Kota Surabaya kembali tampil sebagai juara umum dalam ajang tersebut.

Arak-arakan yang diikuti atlet dan ofisial kontingen Kota Surabaya itu, ia menyampaikan, dimulai dari halaman mal City of Tomorrow dan berakhir di Balai Kota.

“Di Balai Kota nantinya akan disambut Bu Wali, sekaligus menyerahkan piala bergilir juara umum Porprov kepada Ibu Wali Kota. Dan malamnya dilanjut dengan silaturrahmi akbar,” kata dia.

Ketua Pemuda Pusura Mikdon Hengki Tanaem mengatakan, Surabaya selama ini dikenal sebagai Kota Pahlawan. Namun, ia menyesalkan, seiring perkembangan modernitas dan kemajuan teknologi yang begitu pesat, semangat perjuangan anak-anak muda Surabaya kurang menggelora.

“Karena itu, melalui acara ini, kita gelorakan kembali semangat arek-arek Suroboyo agar meneladani semangat perjuangan para pahlawan. Kita ingin jiwa heroisme itu bisa muncul lagi di kalangan pemuda sebagaimana masa perjuangan dulu. Kita buat temanya ‘Suroboyo Opo Jaremu Rek!’ Ini kan pesan agar pemuda rukun dan guyub,” ujar Mikdon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement