Rabu 10 Jun 2015 15:50 WIB

Siswa Sidoarjo Rayakan Kelulusan dengan Bersihkan Masjid

Pelajar SMP (ilustrasi)
Pelajar SMP (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Puluhan siswa SMP Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur merayakan kelulusan mereka dengan membersihkan salah satu masjid tertua atau kuno yang ada di kabupaten itu.

Humas Sekolah Al Muslim Kabupaten Sidoarjo, Siti Aminah mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan  membersihkan Masjid Al Abror karena keberadaannya sebagai salah satu tempat ibadah tertua di wilayah itu.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur siswa kami atas kelulusan seratus persen pada ujian yang sudah dilakukannya beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengemukakan sebelum melakukan bersih-bersih masjid ini para siswa terlebih dahulu melakukan sujud syukur atas kelulusan mereka di dalam masjid ini.

"Sebanyak 55 siswa itu melakukan sujud syukur dan berdoa atas kelulusan yang mereka peroleh setelah sebelumnya mengikuti ujian sekolah," katanya.

Seluruh siswa itu, kata dia, kemudian mengambil peralatan kebersihan yang telah mereka bawa dari rumah dan mulai membersihkan seluruh area masjid. Sebagian remaja ini tampak sibuk menyapu dan mengepel lantai, menata kitab suci Al Quran, membersihkan kaca masjid, mengelap jendela dan dinding keramik masjid hingga bersih-bersih halaman dan areal parkirnya.

Ia menyebutkan, Masjid Al Abror yang berada Wilayah Kauman Sidoarjo diyakini telah ada sejak 1678 dan mengalami pemugaran beberapa kali. "Melalui aksi bersih-bersih masjid kuno setidaknya menjadi pendidikan aplikatif bagi generasi muda agar tidak lupa dan terus menghargai warisan sejarah," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement