Rabu 03 Jun 2015 10:15 WIB
Pernikahan putra Jokowi

Kota Solo 'Bersolek' Jelang Pernikahan Putra Jokowi

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (kiri) dan anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka (kanan).
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo (kiri) dan anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kota Solo bersolek menjelang pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dengan mantan Putri Solo 2009, Silvi Ananda pada 11 Juni mendatang.

Dari pantauan Republika, Rabu (3/6), seluruh akses dan fasilitas umum menuju lokasi pesta pernikahan, Gedung Graha Sabha Bhuwana, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, 'didandani'. Semua fasilitas umum 'dipermak', hingga patut dan sedap dipandang tamu undangan pernikahan itu.

Tengok saja, Lapangan Sumber, sudah beberapa pekan ini dipermak. Salah satu fasilitas umum yang bakal dijadikan lahan parkir tamu yang menghadiri acara pernikahan putra Presiden, tampak mulus.

Saat ini, sejumlah pekerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) masih mengecat pagar lapangan yang sebelumnya penuh dengan corat-coret. Sumarno (25), pekerja honorer DKP masih melakukan pengecatan pagar lapangan.

''Saya baru dapat tugas  mengecat gapuro Lapangan Sumber,'' katanya.

Gapura yang semula penuh corat-coret pilox, langsung ditumpangi cat hingga tampak warna cerah. Taman perindang dan turus jalan lapangan juga mulai dirapikan. Batang pohon dilabur hingga tampak memutih. Kepala DKP Kota Surakarta, Hasta Gunawan, tak banyak komentar atas pekerjaan itu.

"Pengecatan dilakukan supaya pagar Lapangan Sumber terlihat bersih dan bagus. Nanti banyak tamu yang datang ke Solo njagong Pak Jokowi. Ya, supaya dipandang sedap dipandang, kami cat ulang supaya bersih,'' jelasnya.

DKP dalam waktu dekat juga menjadwalkan pemotongan rumput dan pembersihan lapangan. Ini dilakukan di lapangan Sumber maupun Banyuanyar. Sebenarnya ini sudah menjadi tugas DKP untuk melakukan pengecatan dan perawatan lapangan. Kebetulan saja berbarengan dengan pernikahan putra presiden, sekalian memanfaatkan dana anggaran rutin.

Demi kenyamanan tamu yang menghadiri resepsi, Jalan Letjen Suprapto dan Jalan Adi Sumarmo mulai diaspal hotmix ulang. Akibat proses pengaspalan tersebut, membuat pengguna jalan harus rela terjebak kemacetan lalu lintas.

Seperti yang terjadi di Jalan Letjen Suprapto dari mulai Lapangan Sumber hingga Masjid Mujahidin Sumber, arus lalu-lintas macet total. Kendaraan besar berderet panjang setengah badan jalan sedang dilakukan pengaspalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement