Selasa 02 Jun 2015 18:05 WIB

Tol Terpanjang di Indonesia Siap Beroperasi Sebelum Ramadhan

Basuki Hadi Muljono
Foto: www.tataruangindonesia.com
Basuki Hadi Muljono

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Tol Cikampek-Palimanan yang merupakan tol terpanjang di Indonesia siap beroperasi sebelum Ramadhan. Rencana Presiden Joko Widodo akan meresmikan beroperasinya tol dengan panjang 116,7 km itu.

"Tol ini sudah siap 99 persen dan sudah siap beroperasi sebelum Ramadhan tiba, nanti presiden akan meresmikannya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPU-Pera), Basuki Hadimuldjono pada saat peninjauan tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, Selasa (6/2).

Berdasarkan pantauan, jalan tol yang terdiri dari kombinasi beton dan aspal tersebut masih dalam tahap pengerjaan pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Menteri Basuki mengatakan setelah jalan tersebut beroperasi dapat mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur Pantura.

Namun Basuki memprediksi kemacetan saat arus mudik akan terjadi di tol ini. Sebab, pastinya banyak warga yang penasaran dan memilih menempuh tol ini untuk pulang ke kampung halamannya.

Untuk mengatasi kemacetan, polisi akan mengatur arus kendaraan agar tidak terlalu banyak kendaraan yang masuk di tol tersebut.

Di dalam jalan tol tersebut akan ada delapan area peristirahatan, empat area peristirahatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bensin, serta empat lagi area peristirahatan kelas B.

Sebanyak 99 jembatan juga telah di bangun sepanjang jalan tol tersebut, tinggal jembatan Ciherang yang masih dalam pengerjaan, dalam tol tersebut juga ada jembatan penyebrangan buat penduduk sekitar.

"Melalui jalan tol ini, masyarakat bisa terus jalan dari Cikampek terus ke Brebes Timur tanpa harus keluar tol," kata Menteri Basuki.

Jalan tol tersebut dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sejahtera. Sementara itu mengenai tarif tol, pemerintah belum dapat memastikannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement