Sabtu 23 May 2015 02:27 WIB
Pengungsi Rohingya

Pemerintah Harus Bawa Masalah Rohingya ke Tingkat ASEAN

Rep: C20/ Red: Erik Purnama Putra
Pengungsi Rohingya di Kuala Langsa, Aceh.
Foto: Reuters
Pengungsi Rohingya di Kuala Langsa, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia diimbau untuk mengambil inisiatif bagi penyelesaian masalah kemanusiaan yang menimpa pengungsi Rohingya. Apalagi, sudah ribuan pengungsi etnis Muslim Rohingya terdampar di Aceh.

Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Manager Nasution mengatakan, agar Indonesia dapat membawa dan membahas permasalahan ini ke tingkat ASEAN. "Bawa permasalahan ini ke tingkat ASEAN dan meminta secara khusus kepada Myanmar agar etnis Rohingya dilindungi hak asasinya di sana," kata Manager di Jakarta, Sabtu (23/5).

Menurut Manager, dalam perspektif HAM tentu saja etnis Rohingya berhak mendapatkan perlindungan dari negara tempat mereka berada. Manager pun memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia karena telah menampung serta memberi bantuan kepada para pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh beberapa hari lalu.

"Indonesia jauh lebih ramah dan humanis dibandingkan negara lain di ASEAN," ujar Manager.

Walau begitu, Manager mengatakan hal tersebut tidak cukup untuk dapat menyelesaikan permasalahan di Myanmar terhadap etnis Rohingya. Manager menegaskan agar Myanmar berkomitmen memberikan pengakuan terhadap etnis Rohingya.

"Keberadaan mereka telah beratus tahun lamanya di Myanmar, harus ada pengakuan dari pemerintahnya sendiri," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement