Sabtu 16 May 2015 15:51 WIB

Kepala Bappenas: Pengembangan Kawasan Mandeh untuk Getarkan Sumbar

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kawasan wisata Mandeh, Sumatra Barat
Foto: pesisirselatankab.go.id
Kawasan wisata Mandeh, Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri PPN  / Kepala Bappenas Andrinof Chaniago berharap pencanangan kawasan Mandeh sebagai kawasan wisata bahari di Indonesia bagian barat, dapat menggetarkan seluruh wilayah di Sumatra Barat (Sumbar).

"Pastilah kalau satu daerah seperti Mandeh dipromosikan, yang bergetar itu seluruh wilayah di Sumbar," kata dia di Padang, Sabtu (16/5).

Menurutnya, tinggal bagaimana pemerintah maupun masyarakat manfaatkan potensi atau peluang tersebut. Ia mengatakan, kawasan Mandeh merupakan daerah yang mempunyai posisi strategis, yaitu di wilayah perairan, dikelilingi tebing-tebing perbukitan, serta kebudayaan masyarakat yang masih kental.

"Kita lihat potensi besar ini jangan terlalu lama dianggurkan, dibiarkan. Untuk itulah kami di Bappenas dan Kementerian Pariwisata telah memasukkan kawasan Mandeh di RPJMN. Kami sudah siapkan," tuturnya.

Hal tersebut, ujar Andrinof, tidak dapat dilakukan oleh pemerintah seorang diri. Pengembangan kawasan Mandeh, lanjut dia, membutuhkan peran dari masyarakat, para pelaku usaha dan lain-lain.

"Semuanya harus berikan respon yang responsif untuk ide pengembangan ini," ungkapnya.

Andrinof bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arif Yahya menghadiri kawasan Mandeh dalam rangka kegiatan Mandeh Joy Sailing 2015 dan Festival Mandeh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement