Sabtu 16 May 2015 15:15 WIB

Puan dan Tjahjo Diminta Tunjukkan Contoh Positif Sebagai Pejabat

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Puan Maharani bersama Megawati Sukarnoputri
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Puan Maharani bersama Megawati Sukarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik dari LIPI, Siti Zuhro meminta para elit politik untuk bisa menunjukkan contoh teladan yang positif bagi masyarakat. Hal tersebut ia utarakan terkait dengan ada rangkap jabatan yang dijalani oleh Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo sebagai Anggota DPR dan menteri pada Kabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

“Tolong dong tunjukkan dengan mengekspresikan perilaku yang disiplin,” ungkap Siti kepada ROL, Sabtu (16/5). Menurutnya, disiplin dalam hal tersebut untuk bisa taat kepada hukum yang sudah dibuat pemerintah di Indonesia.

Lebih lanjut ia menilai, menurutnya hukum di negara ini sedang mengalami penegakan hukum yang buruk. “Penegakan hukum kita agak payah gitu ya, makanya butuh disiplin dari elit-elit politik itu,” kata Siti.

Masih menurut Siti, agar penegakan hukum di Indonesia tidak payah salah satu caranya terutama harus dilakukan oleh para elit politik. Menurutnya, hal tersebut dapat dilakukan baik oleh komponen suprastruktur ataupun infrastruktur politik.

“Suprastruktur kan ya lembaga tinggi negara, mereka itu lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Nah infrastrukturnya itu ya partai-partai politik itu, sebagai wadah demokrasi ya harus tunjukkan sikap yang etis lah ya,” jelas Siti.

Oleh karena itu, Siti meminta tunjukan secara jelas kepada masyarakat, Puan dan Tjahjo itu sebagai apa jabatannya. Kerena menurutnya, di negara manapun tidak ada seorang anggota dewan dalam waktu bersamaan juga menjadi pejabat pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement