Selasa 12 May 2015 03:24 WIB

RI Ikut Cari Solusi Sengketa Laut Cina Selatan

Rep: c 07/ Red: Indah Wulandari
Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indonesia akan terus mencari solusi untuk menyelesaikan konflik sengketa Laut Cina Selatan.

"Kita akan terus, dengan berbagai pendekatan dan forum, hampir semua forum kita gunakan, baik di forum-forum internasional, maupun workshop seperti ini," jelas Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir, Senin (11/5).

Indonesia juga akan terus melibatkan semua stakeholders, " karena konflik bukanlah suatu solusi, kita harus menampilkan kepentingan bersama dengan stabilitas," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan Indonesia bekerja sama dengan Singapura dan Malaysia terus melakukan patroli di Selat Malaka untuk menumpas perompak agar tidak merajalela seperti di Somalia.

Selama ini Laut Cina Selatan disengketakan sejumlah negara, termasuk Cina, Taiwan dan beberapa negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Filipina dana Malaysia serta Vietnam.

Menurut Presiden Jokowi, stabilitas politik dan keamanan penting untuk pertumbuhan ekonomi sehingga ia mendorong implementasi dan finalisasi Code of Conduct (CoC) di wilayah Laut Cina Selatan.

"Perlu saya sampaikan bahwa Indonesia tidak berada pada pihak yang bersengketa di situ. Kita hanya ingin mendorong agar Code of Conduct, CoC itu bisa diimplementasikan, dan ada finalisasi," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement