Kamis 07 May 2015 16:32 WIB

Awal Juni, Menlu RI ke Amerika Bahas Pertemuan Jokowi - Obama

Rep: c07/ Red: Esthi Maharani
Presiden AS Barack Obama.
Foto: AP
Presiden AS Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI mengatakan akan ada rencana kunjungan kerja Presiden Indonesia, Joko Widodo ke Amerika Serikat. Juru Bicara Kemenlu, Armanatha Nasir mengatakan saat ini Kemenlu masih menggodok rencana perjalanan tersebut.

Salah satunya adalah pencocokan jadwal kedua kepala negara, karena ada ketentuan-ketentuan yang harus diatur sedemikan rupa oleh kedua negara. Tata sapaan akrab Aramantha mengungkapkan, awal Juni nanti Menlu Retno Marsudi akan melakukan kunjungan ke AS.

"Memang ada rencana kunjungan Menlu ke Amerika Serikat untuk peremuan Joint Ministrial Comittee (JMC)," ujar Tata di Kemenlu, Jalan Raya Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (7/5).

Pertemuan yang dijadwalkan pada awal Juni 2015 itu merupakan acara rutin dua tahun sekali, Menlu Indonesia dan AS bertemu dalam forum terbatas JMC.

"Nah, dalam periode 2015 ini, giliran Menlu Indonesia yang bertandang ke Amerika," ucap Tata.

Tata menjelaskan, nantinya selain membahas rencana pertemuan, mereka juga akan membahas isu-isu strategis yang akan dibahas kedua kepala negara. Isu tersebut diluar isu stetegis yang bergulir dalam hubungan bilateral Indonesia dan Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement