Rabu 06 May 2015 20:02 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Tambah Fasilitas Bagi Difabel

Rep: c18/ Red: Hazliansyah
Suasana loket penjualan tiket maskapai di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/1). (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Suasana loket penjualan tiket maskapai di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/1). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bandara Soekarno-Hatta menambah fasilitas bagi penyandang disabilitas di area terminal 1 bandara.

Koordinator Operasi Terminal I, Slamet mengatakan, fasilitas tersebut untuk mempermudah difabel dalam menggunakan bandara.

"Kita tambah lift dan toilet dengan pintu otomatis," terang Slamet, Rabu (6/5) di Tangerang.

Slamet menjelaskan, sebenarnya manajemen bandara Soekarno-Hatta telah memasang fasilitas tersebut. Kali ini pengelola hanya menambah jumlah dari fasilitas yang sudah ada.

Khusus untuk toilet dengan pintu otomatis, pengelola bandara sudah menambah masing-masing satu buah di Terminal 1 A, B, dan C. Lanjutnya, lokasi toilet tersebut berada tepat setelah counter check-in.

"Jadi rekan kita dengan kebutuhan khusus tidak perlu susah payah membuka pintu dengan mendorong atau menarik gagang pintu," jelasnya.

Slamet mengatakan, para difabel cukup menekan sensor yang sudah disediakan. Sensor tersebut nantinya dapat dikendalikan dari luar dan dari dalam.

Bandara Soekarno-Hatta juga menambah tiga unit elevator di bagian apron bandara. Sehingga, jelas Slamet, difabel tidak perlu repot-repot didorong dari dalam pesawat melewati remote gate menuju pintu keluar terminal.

"Jadi yang pakai kursi roda sekarang tinggal masuk dan akan langsung diarahkan menuju pintu keluar," papar Slamet.

Slamet mengungkapkan lift tambahan bagi para difabel itu juga dilengkapi dengan kamrea CCTV. Hal itu untuk mengawasi siapa saja yang naik ke dalam lift tersebut.

"Kalau nantinya dipakai buat mengangkut barang kan jadi tidak benar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement