Kamis 23 Apr 2015 21:14 WIB

Dinas PU DIY Segera Bangun Jembatan Ambrol Akibat Banjir di Turi

Rep: Neni Ridarireni/ Red: Hazliansyah
Jembatan putus (ilustrasi)
Foto: harianjogja.com
Jembatan putus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jembatan Pules di wilayah Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman yang putus total akibat banjir pada Rabu (22/4) kemarin akan segera diperbaiki.

"Dalam waktu dua minggu akan kami usahakan selesai dibangun walaupun dalam bentuk jembatan darurat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPdan ESDM) Rani Sjamsinarsi pada wartawan usai mendampingi Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X beraudiensi dengan Founder Chairman dan Managing Director of GVK, GVK Reddy dan Direktur Umum PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo, di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (23/4).

Menurut Rani, jembatan tersebut menghubungkan jalan alternatif Magelang-Solo yang merupakan jalan provinsi. Jembatan tersebut, katz dia, merupakan jembatan tua dan masih terbuat dari batu bata.

"Sekarang kami sedang menghitung berapa habis dananya agar jembatan tersebut segera tersambung kembali,’’ujarnya.

Jembatan darurat yang akan dibangun berupa jembatan bailey (red. jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah atau movable) yang merupakan bekas Sungai Opak dulu.

"Insya Allah dalam dua minggu selesai dibangun," harap dia.

Jembatan tersebut panjangnya hanya tiga meter, tetapi menjadi enam meter karena sekarang sungainya menjadi melebar enam meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement