Rabu 22 Apr 2015 12:09 WIB
Pencalonan BG Wakapolri

Pukat: Kasus Hukum Belum Clear, BG tak Pas Jadi Wakapolri

Rep: c05/ Red: Bilal Ramadhan
Direktur Advokasi Pukat UGM, Oce Madril.
Foto: Republika
Direktur Advokasi Pukat UGM, Oce Madril.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) menyatakan sebaiknya Budi Gunawan (BG) tak diangkat menjadi wakapolri. Soalnya masalah hukum yang menimpanya belum bisa dikatakan sudah tuntas.

Direktur Advokasi Pukat UGM, Oce Madril menyatakan ini erat kaitannya dengan track record BG selama ini. Yakni masih belum clear nya kasus rekening gendut yang menimpa dirinya. “Kasusnya kan masih berjalan di Polri. Artinya dia belum benar benar bebas dari masalah hukum,” ujarnya, Rabu (22/4).

Dia menjelaskan semangar reformasi di bidang hukum harus diawali dari penegak hukum yang bersih pula. Tak mungkin ketika ingin memberantas korupsi, tapi penegak hukumnya malah terlibat kasus korupsi. “Ini preseden buruk bagi wajah hukum kita. Saya berharap pak BG bisa instropeksi diri dan menolak jabatan ini,” kata dia.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mengungkapkan bahwa Komjen Pol Budi Gunawan akan segera dilantik menjadi Wakapolri. Menurutnya, pelantikan Budi akan digelar pada Kamis esok (23/4).

Bahkan, ia mengungkap bahwa memang Budi adalah calon Wakapolri yang diinginkan oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Kendati demikian, Sutiyoso menegaskan terpilihnya mantan ajudan Presiden Megawati tersebut sebagai Wakapolri melalui prosedur resmi yaitu melalui seleksi Dewan kepangkatan dan jabatan tinggi (Wanjakti) Polri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement