Jumat 17 Apr 2015 21:54 WIB
Konferensi Asia Afrika 2015

Bandara Lampung Siapkan Parkir Pesawat Tamu KAA

Renovasi Gedung Merdeka menjelang Konferensi Asia Afrika (KAA), di Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (19/3).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Renovasi Gedung Merdeka menjelang Konferensi Asia Afrika (KAA), di Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Bandara Raden Inten II Lampung Selatan di Provinsi Lampung siap menjadi tempat parkir pesawat tamu peringatan Konferensi Asia Afrika, 19--24 April 2015.

"Bandara Raden Inten II ditunjuk sebagai salah satu dari empat bandara yang menjadi tempat parkir pesawat tamu KAA," kata Pelaksana Harian Bandara Raden Inten II, Futri Stella Arisafitri, di Natar, Lampung Selatan, Jumat (17/4).

Ia mengatakan bahwa pihak bandara di Lampung ini mengupayakan tidak akan terjadi gangguan jadwal penerbangan selama menjalankan tugas mendukung pelaksanaan peringatan KAA tersebut. Saat ini tujuh tempat parkir pesawat mampu menampung pesawat Boeing 737 series.

Bandara Raden Inten II, lanjutnya, siap untuk menjadi tempat parkir pesawat tamu KAA, dan masih menunggu koordinasi dari Kementerian Perhubungan terkait teknis perparkiran pesawat itu.

Menurutnya, dari tujuh "parking stand" yang dapat didarati pesawat besar sekelas Boeing 737, tiga diantaranya dapat didarati pesawat Boeing 737-800 atau 737-900, dan empat lainnya dapat dipakai sebagai landasam parkir Boeing 737 series.

Ia menyebutkan, pihak bandara akan mengupayakan penggunaan parking stand tersebut untuk fasilitas tamu KAA, dan dipastikan tidak mengganggu arus penerbangan komersial yang sudah terjadwal selama ini.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan merencanakan akan menjadikan empat bandara di Indonesia sebagai tempat parkir pesawat tamu atau pemimpin negara yang hadir dalam KAA.

Keempat bandara tersebut, yakni Bandara Husein Sastranegara Bandung, Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Badaruddin II (Palembang), dan Raden Inten II (Lampung).

Bandara Raden Inten II memiliki landasan pacu sepanjang 2.500 meter dengan lebar 45 meter. Bandara ini dapat didarati pesawat Boeing 737-800 dan 737-900, yang diperkirakan akan dipakai tamu KAA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement