Jumat 17 Apr 2015 04:34 WIB

Empat Pilar Dinilai Dapat Tangkal Kebobrokan Moral

Sosialisasi empat pilar MPR di Surabaya
Foto: MPR
Sosialisasi empat pilar MPR di Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, BONTANG -- Anggota MPR RI Neni Moernaeni mengemukakan, penerapan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari akan mampu menangkal bobroknya moral bangsa akibat pengaruh negatif dari era globalisasi.

"Kita bisa bayangkan, dari internet semua bisa diakses dengan mudah. Nah, jika tidak ada yang memfilter, itu bisa berbahaya bagi moral kita," katanya saat menggelar sosialisasi bertema "Membentuk Karakter Bangsa di Daerah Melalui 4 Pilar Kebangsaan" di rumah pribadinya, Bontang, Kalimantan Timur, Kamis (17/4).

Legislator dari daerah pemilihan Kaltim dan Kalimantan Utara itu menambahkan era globalisasi yang merambah semua aspek sangat rentan mempengaruhi generasi penerus bangsa.

Menurut Neni, empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika bisa difungsikan sebagai filter.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Aktivitas di media sosial seperti facebook dan twiTter menjadi salah satu faktor perusak moral, jika tidak difilter dengan bijak, sehingga pondasi penerapan empat pilar harus terus didengungkan kepada generasi muda," tambah mantan Ketua DPRD Kota Bontang itu.

Ia menambahkan empat pilar kebangsaan yang telah dilaksanakan MPR RI sama sekali tidak bermaksud mereduksi kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. Namun, justru sebagai metode untuk memasyarakatkan empat hal penting dan mendasar kepada seluruh elemen masyarakat.

"Ini tertuang pascaputusan Mahkamah Konstitusi terkait Pasal 34 ayat 3b huruf a UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi ini penting diadakan untuk membangun kembali semangat nasionalisme masyarakat," ucapnya.

Neni juga menyinggung pentingnya empat pilar itu dalam membentuk jiwa dan karakter nasionalisme.

"Apabila Indonesia ingin seluruh warganya berada dalam satu pemikiran dan memiliki semangat nasionalisme yang tinggi, maka tanamkan empat pilar itu. Di dalam empat pilar ini tertuang semua yang dibutuhkan untuk memiliki semangat nasionalisme," ungkapnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement