Kamis 16 Apr 2015 15:50 WIB

KSAU tak Mau Lagi Beli Pesawat F-16 Bekas

Rep: C17/ Red: Erik Purnama Putra
KSAU Marsekal Agus Supriatna menyalami pilot pesawat tempur Hawk MK-53.
Foto: Antara
KSAU Marsekal Agus Supriatna menyalami pilot pesawat tempur Hawk MK-53.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mabes TNI AU memastikan tidak akan mau lagi membeli pesawat tempur jenis F-16 pascaterbakarnya salah satu pesawat sejenis di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/4).

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna mengatakan, pihaknya tidak akan mengulangi kesalahan lagi dengan pembelian pesawat F-16 mengalami insiden kebakaran. "Ini pengalaman bagi kita, apakah kita akan beli lagi yang serupa? Kita jangan sampai beli lagi F-16 yang bekas, sepertinya kita akan membeli yang baru," kata Agus di Mabes TNI AU, Cilangkap.

Agus menjelaskan, TNI AU juga akan mengevaluasi kembali program penambahan 24 pesawat tempur yang sudah diprogramkan sejak beberapa tahun lalu. "Programnya tetap berjalan dan sudah kita bayar, tapi kita evaluasi kembali, kita tidak akan mau membeli pesawat sejenis," ujar mantan kepala staf umum (Kasum) TNI tersebut.

Lebih lanjut, ada beberapa jenis pesawat tempur yang layak menggantikan pesawat tempur F-16. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail. Saat ini, semua masih dalam pembahasan lebih dalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement