Selasa 14 Apr 2015 13:54 WIB

WNI Urus Imigrasi di Taipei Kini Bisa Lebih Mudah

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih
para TKI Taiwan Sholat Idul Adha bersama PCI NU Taiwan
Foto: pinutaiwan
para TKI Taiwan Sholat Idul Adha bersama PCI NU Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei menyediakan program unggulannya bernama KDEI Mobile Service. Ini merupakan program layanan keimigrasiaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) agar menerima layanan keimigrasian seperti mengurus prosedur keimigrasian, kekonsuleran, dan ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah.

"Yang pasti, semua masalah ada solusinya, semua solusi selesai tepat waktu," tutur Kepala KDEI Taipei Arief Fadillah, dalam siaran pers, Selasa (14/4).

Dengan keberadaan layanan tersebut, lanjut dia, para pekerja, mahasiswa, dan TKI di Taipei ke berduyun-duyun datang ke Toko Indonesia AKUI, tempat berlangsungnya KDEI Mobile Service, sejak akhir Maret lalu. KDEI Mobil Service digelar kali pertama Februari 2014 dan mendapat sambutan positif.

Arief menyebut, di bagian layanan kekonsuleran termasuk legalisasi dokumen kanselerai, program tersebut banyak diminati. Buktinya sebanyak 120 dokumen ketenagakerjaan dari berbagai agensi yang tergabung dalam asosiasi di Taichung dan Kaohsiung dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Para agensi umumnya mengurus legalisasi dokumen perjanjian kerjasama penempatan antara agensi dan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS).

Masalah TKI yang beragam juga menjadi prioritas KDEI Mobile Service. "Konsultasi seputar sistem penghitungan gaji dan lembur, bantuan pengiriman uang WNI yang dipenjara kepada pihak keluarga, potongan pembiayaan selama di Taiwan juga kasus penipuan penempatan TKI," katanya.

KDEI Mobile Service dilangsungkan sebulan sekali di mana sebelum hari H pelaksanaannya, dilakukan publikasi agar diketahui oleh seluruh WNI di Taiwan. “KDEI Mobile Service telah diberitakan melalui media sosial, situs resmi KDEI Taipei, satuan tugas ketenagakerjaan, dan jaringan toko-toko Indonesia di sejumlah kawasan yang merupakan kantong-kantong TKI,” tuturnya.

Gelaran KDEI Mobile Service berikutnya direncanakan berlangsung pada 26 April 2015 di Toko Maju Kamto di kawasan North District, Tainan City. Melengkapi layanan mobile service, sejak Desember silam, KDEI Taipei juga menggelar KDEI Sunday Service dua kali setiap bulan. Jadi, untuk urusan imigrasi dan dokumen para TKI, kini para WNI di Taipei boleh tersenyum lebih lebar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement