Kamis 09 Apr 2015 15:16 WIB

Anggota Fraksi PDIP DPRD Banyumas Ikut Kongres Bali Dibiayai APBD

Rep: Eko Widiyatano/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) dan Menteri PMK Puan Maharani (kiri) menghadiri acara pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, B
Foto: Antara/Andika Wahyu
Presiden Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) dan Menteri PMK Puan Maharani (kiri) menghadiri acara pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, B

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebanyak 17 anggota Fraksi PDIP DPRD Banyumas, Jawa Tengah, bisa mengikuti pelaksanaan kongres partainya di Bali tanpa harus mengeluarkan uang secara pribadi.

Hal tersebut karena keberangkatan mereka ke Bali, bersamaan dengan kegiatan kunjungan kerja (Kunja) yang biayanya ditanggung APBD 2014 Kabupaten Banyumas.

''Sebenarya ada 20 anggota fraksi PDIP di DPRD Banyumas. Namun yang berangkat ke Bali ada 17 orang, karena tiga orang anggota lainnya tidak bisa bisa ikut Kunja karena sedang sakit,'' jelas anggota DPRD dari Golkar, Nanung Astoto, Kamis (9/4).

Nanung mengatakan, sebenarnya pada saat bersamaan ada dua daerah tujuan yang menjadi wilayah kunjungan kerja. Kedua daerah Kunja tersebut, adalah Lampung dan Bali.

''Namun untuk Kunja yang ke Bali, semuanya dilakukan oleh anggota FPDIP dengan alasan bisa sekalian menghadiri kongres. Sedangkan Kunja yang ke Lampung, diikuti anggota dewan dari fraksi lain,'' jelasnya.

Ketua Fraksi PDIP, Shinta Laila, sebelumnya juga membenarkan jika semua anggota fraksi PDIP melakukan kunjungan kerja ke Bali.

Bagi yang menjabat sebagai ketua PAC (pengurus anak cabang) bisa mengikuti kongres sesampai di Bali. Sedangkan yang tidak termasuk undangan kongres, akan mengikuti agenda Kunja DPRD.

''Para ketua PAC yang ikut kongres pulangnya sesuai jadwal konggres, yaitu sampai tanggal 12 April. Kalau yang tidak ikut kongres, pulang tanggal 11 April,'' jelasnya.

 

Meski demikian, Sinta membantah bila Kunja yang dilakukan ke Bali sudah disesuaikan waktunya dengan kegiatan kongres partai. ''Itu hanya waktunya saja yang kebetulan bersamaan. Kita tidak mengagendakan untuk bersamaan,'' katanya.

Ia melanjutkan, untuk anggota DPRD yang tidak ikut kongres, selama berada di Bali akan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Denpasar dan ke DPRD Gianyar. Kegiatan Kunja dijadwalkan berakhir tanggal 10 April.

Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar, Supangkat, mengatakan, untuk kegiatan kunjungan kerja ini, empat pimpinan DPRD yang ada dibagi dua.

Dia bersama Ketua DPRD Slamet Ibnu Ansori (PKB) memimpin Kunja ke Lampung. Sedangkan Kunja ke Bali, dipimpin Ketua DPRD Juli Krisdianto dan Wakil Ketua DPRD Budiyono (Gerindra).

Menurutnya kegiatan Kunja di Lampung akan diisi dengan kegiatan berkunjung ke DPRD Lampung Metro, Bandar Lampung, Lampung  Tengah, Lampung Selatan dan  Lampung Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement