Selasa 07 Apr 2015 21:30 WIB

Produk Rumput Laut Harus Jadi Unggulan

Rep: C85/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rumput Laut
Foto: Edi Yusuf/Republika
Rumput Laut

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBA, NTT -- Rumput laut merupakan salah satu komoditas utama perikanan budidaya yang menjadi andalan dalam peningkatan produksi, meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Subjakto menyatakan kondisi perairan pantai di NTT sangat mendukung peningkatan produksi rumput laut nasional dan di dukung pula oleh komitmen dari pemerintah daerah.

“Penetapan Kab. Sumba Timur sebagai kawasan minapolitan perikanan budidaya dengan komoditas utama rumput laut, merupakan wujud nyata dukungan pemerintah untuk mengembangkan usaha budidaya rumput laut menjadi suatu industry yang membawa efek bagi peningkatan perekonomian daerah”, tambah Slamet.

Lebih lanjut Slamet mengungkapkan bahwa target produksi perikanan budidaya di Propinsi NTT sebagian besar di dukung dari produksi rumput laut.

“Target produksi perikanan budidaya Provinsi NTT pada tahun 2015 mencapai 2,1 juta ton, dimana 99 persennya berasal dari produksi rumput laut. Ini akan kita dukung melalui pengembangan industri rumput laut yang mandiri dan berkelanjutan. Dan sebagai kawasan pengembangan akan di pilih Kab. Sumba Timur yang sudah mempunyai embrio sebagai kawasan industri rumput laut yang merupakan pengembangan dari kawasan minapolitan perikanan budidaya”, ungkap Slamet.

Budidaya rumput laut saat ini dijadikan salah satu upaya dalam menanggulangi dampak diberlakukannya Permen KP No. 1 Th 2015 tentang pelarangan penangkapan kepiting, rajungan dan lobster dalam kondisi tertentu.

“Budidaya rumput laut dapat dijadikan alternatif usaha bagi nelayan penangkap kepiting dan benih lobster, dengan alokasi anggaran pengembangan kebun bibit rumput laut sebesar Rp 1,46 miliar. Ini akan di tempatkan di sentra-sentra penangkapan kepiting dan benih lobster”, papar Slamet.

Slamet menuturkan bahwa pengembangan industri rumput laut suatu daerah akan berhasil apabila ada sinergi dari semua pihak yang terkait.

“Dukungan dan kerjasama dari pemerintah daerah sangat diperlukan dan terus di tingkatkan. Ini akan mempermudah kita bersama dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya khususnya dan masyarakat sekitarnya pada umumnya melalui Perikanan Budidaya yang Mandiri, Berdaya Saing dan Berkelanjutan," ujar Slamet.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement