Rabu 18 Mar 2015 21:02 WIB

Mensos Janjikan Korban Sinabung Dapat Ladang

Pengungsi Sinabung
Pengungsi Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Korban erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo Provinsi Sumatera Utara akan mendapatkan lahan untuk berladang.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait lahan itu, karena ini adalah prioritas nasional," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat meninjau lokasi hunian tetap korban erupsi Sinabung di desa Siosar, Kabanjahe, Rabu (18/3).

Mensos meninjau lokasi hunian tetap tersebut dan berdialog dengan warga. Dalam dialog tersebut terungkap banyak warga belum menempati hunian tersebut karena tidak memiliki lahan untuk berladang.

Sebagian besar warga korban erupsi Sinabung bermatapencarian sebagai peladang dan hasil-hasil kebun mereka memasok kebutuhan sayur serta buah bagi warga di Sumatera Utara dan daerah lainnya.

Untuk itu Mensos berjanji akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan menurut dia pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan seluas 416 hektare dimana 30 hektare diantaranya untuk ladang bagi warga desa tersebut.

Sebanyak 50 unit hunian tetap sudah dibangun pemerintah di desa Siosar dan akan dibangun lagi sebanyak 375 hunian tetap.

Lebih lanjut mensos mengatakan, bagi yang membutuhkan pelatihan keterampilan akan difasilitasi jika disiapkan tempat untuk kegiatan tersebut.

Pada peninjauan tersebut, mensos juga memberikan bantuan kepada korban erupsi Sinabung berupa peralatan dapur seperti kompor, tikar, matras, selimut dan lain sebagainya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement