Sabtu 14 Mar 2015 15:00 WIB

136 Tahun Lalu, Ahli Fisika ini Lahir

Albert Einstein dan teori relativitas
Foto: guardian
Albert Einstein dan teori relativitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, Sabtu (14/3) merupakan hari kelahiran fisikawan Albert Einstein. Eistein lahir di Jerman, 14 Maret 1879. Dia meninggal pada 18 April 1955. Semasa hidup, Eintein dikenal sebagai satu dari sedikit orang paling jenius yang pernah ada. 

Setelah dia meninggal-pun, masih banyak ilmuwan dan peneliti yang masih penasaran dengan kejeniusan Einstein. Profesor Antropologi di Hale G Smith Florida, Dean Falk bahkan pernah meneliti struktur otak Einstein.

Dengan izin keluarga, otak Eintein diambl dan difoto untuk keperluan penelitian pada tahun 1955. Meskipun telah meninggal, teori relativitas Eintein juga masih menjadi inspirasi ilmuwan lain untuk melekukan penelitian baru. Pada tahun 2013, peneliti memanfaatkan teori ini untuk menemukan planet asing yang mengelilingi sebuah bintang.

Dikutip dari laman space.com, saat itu, tim peneliti dari Universitas Tel Aviv di Israel menggunakan teori tersebut untuk menemukan 'planet baru'. Mereka lantas menamainya 'planet Einstein'. Planet ini mengorbit satu bintang yang berlokasi 2000 tahun cahaya dari bumi. Einstein menerima penghargaan Nobel Fisika pada 1921.

 

 

sumber : pusat data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement