Kamis 12 Mar 2015 16:56 WIB

Kondisi Terumbu Karang Indonesia Relatif Stabil

Sekumpulan ikan melintas di antara terumbu karang di perairan kawasan pulau Babi, Kabupaten Sikka, NTT,
Foto: Antara
Sekumpulan ikan melintas di antara terumbu karang di perairan kawasan pulau Babi, Kabupaten Sikka, NTT,

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Peneliti Karang Pusat Penelitian Osenologi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof.Dr. Suharsono, mengatakan, bahwa saat ini Indonesia dapat dikatakan sebagai kawasan yang stabil, meskipun dunia berada pada kondisi climate change.

“Berdasarkan penelitian hingga saat ini, kondisi terumbu karang di beberapa wilayah di Indonesia relatif stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan pertumbuhan,” jelasnya “Seminar Hasil Penelitian Ekspedisi Zooxanthellae XIII di kawasan Taman Nasional Perairan Laut Sawu Nusa Tenggara Timur”, belum lama ini.

Pemaparan hasil seminar mengenai kondisi ekosistem terumbu karang disampaikan oleh scientific team yang dikoordinir oleh Alexandra Maheswari. Tim yang terdiri dari enam orang presentator tersebut adalah spesialisasi ikan terumbu, terumbu karang, makrozoobenthos, serta sosial ekonomi budidaya dan perikanan tangkap.

Pada sesi diskusi, diperoleh beberapa masukan yang disampaikan terkait pembahasan dan penyusunan hasil akhir penelitian yang akan disajikan dalam laporan ilmiah dan populer. Secara umum, peserta diskusi menyarankan agar penelitian yang dilaksanakan dapat memberikan rekomendasi yang konkrit bagi pengembangan potensi ekosistem laut kabupaten setempat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement