Selasa 24 Feb 2015 21:30 WIB

'DPR KITA', Aplikasi Pendongkrak Demokrasi

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Djibril Muhammad
Paripurna DPR
Paripurna DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah anggota DPR menyambut baik diluncurkannya aplikasi 'DPR KITA'. Kehadiran aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu upaya perbaikan dalam kualitas demokrasi di Indonesia.

Menurut anggota DPR asal Fraksi PAN, Viva Yoga Mauladi, peningkatan kualitas demokrasi dapat ditopang dengan adanya kemajuan dalam aspek teknologi informasi. Salah satunya adalah dengan adanya aplikasi yang memudahkan masyarakat menyalurkan aspirasi langsung kepada anggota DPR.

Kehadiran aplikasi 'DPR KITA', lanjutnya, akan memberi dorongan postitif dalam perkembangan demokrasi di Indonesia.

"Selain itu, hadirnya aplikasi ini bisa meningkatkan edukasi politik kepada masyarakat," kata Viva Yoga saat menghadiri acara launching aplikasi DPR KITA di Jakarta, Selasa (24/3).

Aspek edukasi politik ini dapat terlihat dalam salah satu konten yang ada di aplikasi tersebut, yaitu adanya penjelasan komisi-komisi di DPR dan Alat Kelengkapan DPR (AKD).

Bahkan, ada data-data, termasuk biodata anggota DPR, yang berada di dalam aplikasi ini pun telah disesuaikan dengan data-data yang dimiliki DPR dan KPU.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur yang bisa membuat masyarakat dapat memberikan komentar-komentar atas program-program kinerja para anggota DPR dan menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada anggota DPR.

Dalam aplikasi ini terdapat dua akun, yaitu akun yang hanya bisa diakses oleh anggota DPR dan akun yang bisa dimasukan oleh masyarakat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pindai lokasi. Berdasarkan pindai lokasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui anggota-anggota DPR yang mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing.

Alhasil, menurut Viva Yoga, aplikasi ini menjadi salah satu variasi dalam penyaluran aspirasi masyarakat yang sudah ada selama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement