Senin 23 Feb 2015 14:53 WIB

Pembangunan Tol Bakauheni-Palembang Dimulai April

Pelabuhan Bakauheni
Foto: Republika/Prayogi
Pelabuhan Bakauheni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan pembangunan infrastruktur di wilayah Sumatera yang memadukan jalan tol Bakauheni, Lampung ke Terbanggi Besar, Palembang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan dimulai April 2015.

"Hari ini, saya dan tiga menteri serta Gubernur Sumsel dan Gubernur Lampung melakukan rapat. Progresnya, pembangunan infrastruktur di Sumatera akan memasuki "ground breaking" (pemasangan tiang pancang," pada April 2015," kata Rini, saat konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/2).

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Lingkungan Hidup Sitinurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Menurut Rini, rapat tersebut sehubungan dengan program prioritas Pemerintah untuk membangun Jalan Tol Sumatera dan juga saran pendukung termasuk pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Kawasan Ekonomi Khusus di Sumatera.

"Kuartal I Tol Sumatera sudah harus bisa dimulai dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar, Sumatera Selatan," ujar Rini.

Ia menjelaskan, sesuai dengan perencanaan pembangunan infrastruktur jalan tol dari Bakauheni, Lampung-Terbanggi Besar, Palembang sepanjang 150 kilometer tersebut akan diselesaikan secepatnya.

Sementara itu Menteri PUPera Basuki Basuki Hadimuljono mengatakan total investasi pembangunan jalan tol Bakauheni-Palembang itu mencapai sekitar Rp53 triliun yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) dan menyertakan BUMN Karya lainnya.

Saat bersamaan juga akan dilakukan modernisasi Pelabuhan Merak dan Bakauheni, termasuk pembangunan KEK mulai dari Merak, Bakauheni, Bandar Lampung, dan Tanjung Api-Api, Palembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement